Selasa, 05 Mei 2009

Berkas elektron pada tabung gambar televisi

Asslm,,,Pak saya mau tanya terkait pertanyaan di buku Beiser (hal. 37 No.2) disebutkan bahwa berkas elektron dalam tabung gambar televisi dapat bergerak melintasi layar dengan kelajuan lebih besar dari kelajuan cahaya. mangapa ini tidak bertentangan dengan relativitas khusus? lgian kan Pak tidak ada benda yang dapat bergerak lebih cepat dari cahaya???

Jawaban:

Hi,

Boleh saja ada yang lebih cepat dari c, yang tidak boleh adalah adanya sinyal atau kuantitas fisis seperti partikel atau gelombang yang memiliki kecepatan lebih dari c. untuk kasus ini yang merambat bukanlah sinyal tetapi rambat berkas elektron dalam tabung televisi BUKAN elektron itu sendiri. Kecepatan dari elektron itu sendiri lebih kecil dari v. Yang dimaksud disini adalah rambat berkas jadi titik-titik di tabung televisi bergerak dari kiri ke kanan lalu kebawah loyar. Rambat berkas bukanlah sinyal fisis jadi tidak melanggar prinsip relativitas.

Sekian dulu ya

Salam

H.H

3 komentar:

hamami mengatakan...

halo mas, agak "tergoda" untuk ngasih komentar. Agak absurd komentar anda sebenarnya yang mengelompokkan sinyal fisis atau bukan mengenai yang boleh melebihi kecepatan cahaya atau tidak.
pertanyaan saya: apa yang dikatakan kuantitas fisis dan apa yang bukan?
komentar saya: hasil penelitian menunjukkan bahwa dimungkinkan untuk mendapatkan pulsa cahaya yang memiliki kecepatan melebihi c (kec cahaya di vakum). untuk membahas ini perlu dimengerti lebih dahulu mengenai konsep phase velocity dan group velocity (http://en.wikipedia.org/wiki/Group_velocity)
. singkat kata, dimungkinkan dengan material tertentu (anomalous dispersive medium) sehingga group velocity>phase velocity.
untuk lebih jelas coba baca:
http://www.physorg.com/news88249076.html

hamami mengatakan...

akan tetapi, materi, energi, dan informasi tidak akan bisa dipindahkan melebihi kecepatan cahaya, karena akan melanggar prinsip kausalitas.

alifbatasajimhakho mengatakan...

Kamsahamnida