Selasa, 04 Maret 2008

FISMOD: Berapakah umur cahaya?

Pertanyaan yang bagus!

Jika cahaya memainkan peranan vital dalam fisika modern khususnya teori relativitas khusus maka dapatlah cahaya juga menua atau "aging"? Pertanyaan tersebut dapat direduksikan menjadi berapakah usia hidup sebuah foton atau waktu luruh sebuah foton. Untuk menjawabnya menarik untuk dilihat bahwa sesuatu yang bergerak dengan limit mendekati kecepatan cahaya akan dipandang oleh pengamat luar memiliki usia t_relatif= t_o / akar(1- limit mendekati c^2/c^2) = t_relatif = t_o / 0.000000000000000000000000000000000000000001
atau takhingga!!! artinya secara teoretis dapat dikatakan bahwa caya tidak pernah menua atau memiliki usia hidup takhingga.

Namun pertanyaan tersebut juga bisa dijawab dengan penjelasan bahwa pernyataan tersebut tidak memiliki makna karena cahaya adalah entitas yang menyatukan space-time atau ruang waktu sehingga pertanyaan tersebut berada diluar konteks dalam hal ini berdasarkan postulat kedua cahaya harus sama kecepatannya bagi semua pengamat jika cahaya mati di tengah jalan maka runtuhlah konsep ruang waktu relativitas.

Tentu saja foton dapat mati dalam artian konversi energi menjadi bentuk lain (lihat produksi pasangan) akan tetapi jika foton terus dinbiarkan menjalar dengan kecepatan c tanpa berkonversi / vakum yang sangat jauh) maka ia tidak akan pernah mati seperti terbutki dari sumber foton quasar bintang yang sangat yang telah berusia ribuan tahun cahaya.