Minggu, 02 Maret 2008

WELCOME in Forum Fisika Indonesia

Selamat datang di forum fisika indonesia!

Tempat untuk berdiskusi seputar fisika, bertukar pengalaman dan ilmu pengetahuan, dan mengasah kemampuan ilmiah kita. Mudah-mudahan blog ini bermanfaat bagu para users!

Salam!

HH

13 komentar:

jadzab25 mengatakan...

Terima kasih atas jawabanya Pa Dhodi semoga saya tidak puas dengan jawaban bapak sehingga saya bisa terus penasaran sehingga bisa terus menggali dan mempelajari...sampai dapat dan bisa berdiskusi lagi dengan Bapak.

Anonim mengatakan...

Asw, Pak Doi, sebelumnya mohon maaf, karena saya bertanya lewat kolom komentar ini(saran:kenapa tidak di adakan kolom tersendiri di blog anda sebagai wadah untuk menampung pertanyaan). Yang ingin saya tanyakan:
.>Pada saat meledaknya suatu bom atom(reaksi inti tak terkendali), terbentuk/adanya api?(apakah hal yang sama berlaku pada reaktor nuklir(reaksi inti terkendali)?

Anonim mengatakan...

Sebagai komunitas Ilmuan Fisika, sudah selayaknya kita
sering berbagi keilmuan. Untuk itu Kami mengundang
temen-temen untuk aktif pada forum diskusi fisika di

http://www.ngilmu.com/fisika

Sebagai bagian dari anak negri ini, terbersit keinginan
untuk memajukan perkembangan komunitas Fisikawan
Indonesia.

Terimakasih

Soegianto S

Dani_Yosman mengatakan...

Asslam pa Dhody, saya Dani dari fisika 44,, hoho.. pak saya mau nanya nih pak, mungkin ini pertanyaan yg udah lama saya pendem.. hoho.. pak sebenernya diameter Bumi yang konkrit brapa sih?
trus saya pernah baca artikel tentang waktu di bumi tahun 2009 berkurang 1 detik,itu bener gak pak? klo bener apa ada hubungannya dengan besarnya bumi? berarti klo berkurang 1 detik, kecepatan bumi meningkat, dan klo kecepatan bumi meningkat berarti besar bumi nambah ya pa? apakah ada hubungannya dengan kuliah fis modern kemaren bahwa galaksi mengembang, bumi juga ikut ngembang kyk balon seperti yg bpk bilang?
atu lagi pak,, apakah sama pak suhu cahaya matahari di bumi sama di ruang angkasa? panasan yg mana pa?

Unknown mengatakan...

Sore Pak,Saya Daniel dari Fisika 44.Pak,Menurut saya Pelajaran Fisika Modern sangat menarik.Pak,saya mau tanya Pakmengapa aspek gelombang cahaya lebih dulu ditemukan daripada aspek partikel.Mengapa lubang hitam itu bisa menyebabkan orang yang masuk kedalamnya tidak bisa keluar lagi lalu sesuatu/orang itu berpindah kemana?.Saya juga mau tanya mengapa jika energi total partikel yang bergerak jauh melebihi energi diamnya,maka panjang gelombang de Broglienya hampir sama dengan panjang gelombang foton dengan energi total yang sama?.

Anonim mengatakan...

kepada fisikawan2 saya minta tolong.. sya pngen membuat lampu tidur pkai lampu senter 4.5 volt, jadi lampu ini ingin saya hubungkan langsung dengan kabel listrik, pertama saya hubungkan lampu nya langsung meledak(hehe) nah seharusnya rangkaian ini dipasangkan resistor kan ya? berapa ukuran resistor yang harus saya butuhkan agar lampunya menyala? ukuran atau besarnya, tolong sekali bantu saya yang tidak punya pengetahuan di bidang ini.. terima kasih
andri H

sikapyangbenar mengatakan...

maaf pak numpang komentar sedikit,tau cara meyelesaikan persamaan terkopel dalam pemodelan g?mohon bantuannya....

Unknown mengatakan...

mas...
saya ingin sekali bertanya macam-macam tentang ipa dan fisika...
dimana saya bisa hub mas?
FB?
no hp mungkin klo mo ngasi tw...
mhon di jawab secepatnya...

ilham mengatakan...

sebuah bola pejal serba sama
menggelinding tanpa slip
sepanjang bidang miring yg
membuat sudut alfa (tan alfa: 3/4)
. Bila bola mula-mula diam
tentukan percepatan dan
kecepatan setelah menempuh
jarak 10m. a. Dengan cara energi
b. Dengan cara dinamika.
Tentukan pula gaya gesek dan
gaya normalnya bila m=2kg.
Berapa pula gaya koefisien statik
minimum agar bola tidak slip..?
Note:gunakan momen inersia
bola pejal

Fisika Berbagi mengatakan...

Ikuti dan Sukseskan

MOMENTUM 2011

Lomba Fisika Tingkat Sltp/Sma/MA
meliputi:

Lomba Cerdas Tangkas Fisika (LCTF)
Lomba Kreativitas Guru (LKG)
Mading Ilmiah
Debat Ilmiah
Musikalisasi Puisi

Selengkapnya Di..
http://momentum-fisika.co.nr/

Bambang mengatakan...

saya tenaga kesehatan, tolong berikan penjelasan secara teori, atau bisa saya dapatkan dimana teori tentang kenapa jarum suntik yang di suntikkan ke selang infus mudah menjadi tersumbat? terimakasih jawabannya
mamas.bambang@gmail.com

Bambang mengatakan...

saya tenaga kesehatan, tolong berikan penjelasan secara teori fisika, atau bisa saya dapatkan dimana teori tentang kenapa jarum suntik yang di suntikkan ke selang infus mudah menjadi tersumbat?
minta solusinya..?
terimakasih jawaban dan solusinya
mamas.bambang@gmail.com

Okleckzzz mengatakan...

Ask physics

Seseorang yang sudah menggunakan kacamata -2,70 dioptri diperiksa di klinik mata dan diinformasikan padanya bahwa titik jauhnya telah bergeser 20% ke depan dari semula. Berapakah kuat lensa barunya yang akan mengoreksi penglihatannya ?

bingung mau posting dimana ?