Kamis, 20 Maret 2008

Tentang Quark

Posisi ilmu fisika saat ini (model standard) tentang quark adalah bahwa quark bersama dengan lepton menyusun seluruh alam semsta kita atau dengan kata lain quark dan lepton adalah batu bata penyusun seluruh materi yang kita kenal. Quark menyusun inti atom (nukleus) dan muncul dalam 6 jenis dengan muatan yang berbeda. Bersama 3 lepton dan antinya maka ke 6 quark dan 6 lepton (electron, tau, dan neutrino & antinya) sampai saat ini dianggap sebagai most elementary particle.

Kemunculan Quark adalah hasil tinjauan fisikawan partikel yang bekerja dengan akselerator linier SLAC dalam domain energi tinggi. Dengan SLAC mereka mampu mengulangi apa yang dilakukan oleh Rutherford yang membombardir lempeng logam untuk mengetahui bahwa atom kebanyakan merupakan ruang kosong hanya kali ini mereka memiliki kemampuan untuk menembaki inti dengan ketelitian 1/10 dari diameter proton atau dengan kata lain cukup bagus untuk menyelidiki apakah proton sendiri masih tersusun dari partikel yang lebih elementer ataukah benar-benar fundamental seperti elektron.

Hasilnya adalah bahwa muatan proton (+1) tidaklah homogen tetapi berbeda - beda pada beberapa tempat dengan demikian muncullah dugaan bahwa proton (atau netron) masih terdiri dari partikel yang lebih mendasar dengan muatan yang berbeda.

Adalah hasil kerja Fisikawan Murray Gell Mann (penemu Quark) yang mendapatkan bahwa proton dan netron terdiri dari 3 buah quark dengan muatan non integer -1/3 dan +2/3. Dimensi mereka sangatlah kecil seperti "titik". Ibarat Atom dan Inti (99.9% isi atom ruang kosong) begitu juga inti dan quark. Kebanyakan isi inti adalah ruang kosong!

Dengan SLAC juga didapatkan hasil bahwa quark selalu muncul secara berpasangan dan sejauh ini belum pernah terpisahkan atau dapat terpisahkan. Gaya tarik mereka (quark) menurut teori QED dihasilkan dari pertukaran pembawa (carrier) bernama gluon. Ada pula partikel lain yang tersusun atas 2 buah quark akan tetapi tidak pernah ditemukan sebuah quark berdiri sendiri. Beberapa fisikawan teori berupaya menjelaskan fenomena quark dengan menggunakan teori strings atau dawai. Untuk lebih detail silahkan membaca info lebih lanjut tentang string theory.

3 komentar:

Abu Mizan mengatakan...

mana yang lebih besar elektron atau kuark?

Anonim mengatakan...

ooo....gitu ya pak??
terus yang membuat elektron dan neutron itu bermuatan negatif dan positif itu apa pak???
di artikel itu hanya dijelaskan tentang neutron yang tersusun oleh partikel yang lebih sederhana yang dinamakan quark...
apakah dalam elektro ada partikel yang lebih sederhana yang menyusunya???

kusmardiyanto mengatakan...

quark selalu berpasangan dan tidak pernah ditemukan sendirian dan setiap partikel selalu memiliki antinya dan seterusnya...bukankah ini menunjukkan benarnya kalam Alloh al-qur'an surat adz-dzariyat (51) ayat 49, yang artinya," dan dari setiap sesuatu Kami ciptakan berpasangan supaya kalian dapat mengambil pelajaran."...al-qur'an menjelaskan segala sesuatu secara global, tinggal kita mencari detailnya dan memanfaatkannya untuk kehidupan kita di dunia