Rabu, 05 Maret 2008

Reaksi Inti


Terkait dengan pertanyaan sebelumnya apakah reaksi nuklir di reaktor menyebabkan adanya api atau tidak pendapat saya (can be wrong) adalah :


Reaksi fisi terjadi antara netron bebas (pemicu) dengan isotop berat. Saat tumbukan netron dengan isotop ada netron lagi yang dilepaskan dari isotop itu dan berperilaku sebagai pemicu baru sehingga proses tersebut terus berulang (lihat gambar). Di reaktor reaksi fisi ini terkendali berkat pengaturan laju reaksi inti melalui lapisan-lapisan peredam yang dipasang secara selang seling. Bahkan dalam kasus ekstrim dimana terjadi kegagalan operasi tinggipun tidak mungkin terjadi ledakan nuklir karena tingkat pengayaan/kemurnian uranium dibawah ambang berbahaya (diatas ambang baru digunakan sebagai senjata). Di Jepang reaktor bersebelahan dengan sekolah di Perancis dan Jerman hampir semua listrik dipasok dari reaktor nuklir mereka. Yang harus diawasi adalah proses pengayaan uranium. Ini sebabnya dibentuk badan atom dunia IAEA untuk mengawasi negara2 agar tidak mengayakan uranium supaya jadi bom nuklir! Sudah saatnya Indonesia memiliki reaktor nuklir toh sudah didesain sebegitu rupa sehingga pada kasus operator tololpun tidak mungkin ada ledakan karena tidak cukup pengayaan untuk terjadinya reaksi tak terkendali.

Yang terjadi dalam reaktor setahu saya adalah proses pemanasan seperti pemanasan air. Reaksi berantai menghasilkan energi panas yang cukup untuk membuat uap dan menjalankan generator listrik. Soal ledakan di dalam reaktor mungkin teman2 mahasiswa ada yang lebih tahu? Silahkan cari di web dan posting disini agar semua dapat belajar.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sebagai komunitas Ilmuan Fisika, sudah selayaknya kita
sering berbagi keilmuan. Untuk itu Kami mengundang
temen-temen untuk aktif pada forum diskusi fisika di

http://www.ngilmu.com/fisika

Sebagai bagian dari anak negri ini, terbersit keinginan
untuk memajukan perkembangan komunitas Fisikawan
Indonesia.

Terimakasih

Soegianto S

Anonim mengatakan...

saya juga ingin memberikan komentar seperti mas/mba anonim ah....

ayo ikkut diskusi di "forum siapa saja boleh ikut"

[url=http://ardhi8fisika.web.ugm.ac.id]http://ardhi8fisika.web.ugm.ac.id[/url]